|The No-Diet Plan|

Wednesday, February 3, 2010

*sigh*

Nggak nyangka deh, ternyata disuruh untuk nggak diet itu lumayan susah. Apalagi buat gue, yang kayaknya ampir separoh umur gue ini kepake buat musingin makanan. I always have love-hate relationship with food..jadi ketika harus menyusui full-time dan tidak boleh mengurangi makan untuk menjaga pasokan Asi tetep stabil, rada dilema juga jadinya.

Waktu hamil sih gak terlalu masalah, gue makan biasa aja gak ngedobel porsi. Palingan nambah asupan protein hewani ke dalam menu, yang tadinya gue jarang makan daging merah (sebenernya gw gak terlalu doyan daging merah, dan bisa dibilang semi-vegetarian deh saking makannya banyakan sayuran, nasi pun gue gak terlalu suka, lebih milih roti atau kentang) jadinya pas hamil mau gak mau kadang-kadang makan juga (dan entah kenapa waktu itu lidah gw toleran banget). Terus diantara waktu makan palingan ngemil juice buah,buah potong, kacang ijo atau es kelapa muda.Fine-fine aja tuh, teteuuuppp naeknya banyak, 17 kg aja gitu..
Nhaaa..ternyata pas menyusui ini, kok ya jadi laperan banget??hehehehe..gimana gak mau laper, orang disedot terus kok, apalagi Rasya minumnya rakus. Mau gak mau mesti makan lebih banyak..celakanya, pola makan sehat kayak waktu hamil aja kurang nendang bok..masi kurang se-setrip rasanya. Walhasil gue jadi banyak makan nasi, karena yang paling efektif bikin gue cepet kenyang ya nasi.Padahal dulu mah boro-boro gue nyentuh nasi, kalo sekarang pagi tetep makan roti, tapi siang dan malem selalu makan nasi porsi rumah makan padang (yang dicetak mangkok itu lho..hihihihih).
Karena kebanyakan karbohidrat itu kali ye..gue jadi stuck, belom balik modal juga ke berat sebelom hamil (ngarep..boleh kan?). Ah, padahal sebenernya mah gue termasuk lumayan sih, malah menurut beberapa sepupu tergolong cepet juga turunnya. Pas Rasya 40 hari, berat gue udah turun 10kg (naiknya 17kg), waktu Rasya umur 2 bulan, udah turun dua kilo lagi. Malahan pas Rasya tiga bulanan, berat gue udah tinggal 4kg lagi menuju berat sebelom hamil. Masuk kantor dua minggu pertama (mungkin karena capek,belum adaptasi ke ritme kerja dan kerjaan gue langsung banyak), berat gue turun sekilo..jadi 53kg. Seneng banget tuh waktu itu..
Celakanya, pasokan Asi gue ikutan menipis,hiks. Sampe kalang kabut  karena stok di freezer kepake terus buat nambahin hasil perahan yang kurang melulu.Sempet pengen nyerah aja deh, nyampur asi pake susu formula. Akhirnya konsultasi laktasi, dikasih suplemen Lactamam.Alhamdulillah, 10 hari minum Lactamam, berangsur-angsur pasokan asi membaik.
Tapi setelah gue pikir-pikir, gak bener nih kalo ngandelin suplemen sepanjang gue ngasih Asi.
Akhirnya gue bertekad buat banyakin makan aja deh mendingan, daripada ketergantungan sama suplemen (padahal segitunya aja gue tipe orang yang banci suplemen..). Pola makan semenjak masuk kantor yang mulai males-malesan, gue coba perbaiki dan perbanyak. Bukannya tanpa kesulitan loh tekad memperbanyak makan ini..kadang-kadang capeeeek banget rasanya ngunyah sekian banyak makanan di piring (tetep sayur yg digenjot,nasi ditambah juga sih dikit) apalagi kalo udah disediain sepanci penuh sayur katuk yang mesti diabisin saat itu juga,hehehehe..berasa deh malesnya.
Dan semenjak itu pulalah jarum timbangan gue beranjak naik lagi hingga stuck di angka 55kg sampai sekarang ini,huhuhuhuhuh.
Tapi gue nggak nyesel, ASI gue alhamdulillah bertambah (nggak berlebihan sih,tapi cukup) dan sampai hari ini Rasya masih minum asi ajah,belom ditambel sufor. Horeeeee...
As for bentuk tubuh ideal, sutralah, ditunda dulu keinginan buat nyelesep lagi kedalam jeans pra-hamil itu..diet nanti aja kalo Rasya udah nyapih dirinya sendiri, mutusin gak doyan lagi mimik Asi (huhuhu,sedih juga kalo saat itu tiba).
sekarang gue lagi mencoba happy dengan bentuk tubuh emak-emak,hehehehe..untungnya suami gak komplen sih (kalo komplen getok aja,hihihi). Gakpapa deh chubby, asal anak gue sehat dan gizinya tercukupi..
Tapiiii wajar kan kalo gue masih terobsesi langsing lagi one day???huks,mudah-mudahan tercapai cita-cita ini, mengingat sekarang gue jadi udah mulai terbiasa makan dengan porsi kuli,heheheheh..

0 comments:

my playlist!


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com