|No Label Please...|

Friday, January 29, 2010

|Tulisan ini dibuat bukan karena saya against ASI ataupun organisasi yang pro-ASI.Saya cuma ingin melihat dari sudut pandang lain, dan mencoba obyektif tanpa menyudutkan salah satu pihak. Bayi saya sendiri masih minum ASI karena saya percaya ASI yang paling baik untuknya. Tulisan ini saya dedikasikan untuk teman-teman yang membuat pilihan mereka sendiri,dan itu dilakukan secara sadar karena diyakini baik untuk bayinya|

Lewat YM,seorang teman pernah berkeluh-kesah soal betapa sering orang-orang men-judge dia hanya karena bayi 3 bulannya minum susu formula.
"Gw udah kenyang banget dikasihanin sama orang karena bayi gw minum sufor"
"Seolah-olah gw minumin sufor ke bayi gw tu setara sama minumin racun"
"Padahal mereka kan gak tau usaha gw buat bisa ngasih ASI ke anak gw,tetep aja ASI gw gak cukup buat dia,makanya gw akhirnya kasi sufor"

'yaa..itu karena mereka nggak tau usaha lo lagi jeng..makanya mereka men-judge gitu. cuekkin aja lah' 

(Gue sih tau banget kerasnya perjuangan dia untuk bisa memberi asi eksklusif buat putrinya. Bolak-balik ke klinik laktasi untuk konsultasi sampai  terapi hormon pun dilakukan. Hasilnya tetap nggak memuaskan, Asinya nggak pernah cukup buat bayinya)


"tetep aja bikin kesel tau gak!"



Teman yang lain lagi juga pernah curhat hal yang nyaris sama, harus menghadapi komen-komen yang bikin dia sensi hanya karena anaknya minum sufor.

"Kalo gw lagi ngumpul sama keluarga besar suami gw,mertua suka ngebanding-bandingin anak gw sama anak sepupu yang minumnya full ASI"
"dia suka bilang 'Nih,liat dong mas Raka,badannya sekel banget,sehat..anak ASI!' dengan suara keras,padahal gw lagi disitu juga"
"Kayak yang sengaja aja gitu komentar di deket gw.Seolah-olah anak gue yg minum sufor gak bisa sehat seperti sepupunya itu.Sedih gw"

Lagi lagi gue cuma bisa komentar "cuekkin aja deh bu,yang penting kan anak lo sehat-sehat aja. Gak usah dimasukkin ati komentar gak penting kayak gitu"

"tetep aja gw gerah kalo anak dibeda-bedain gitu. Anak ASI,Anak sufor.Kesian kan anak gw"

Cerita lain lagi datang dari salah satu sepupu gw yang merasa bahwa kampanye ASI yang lagi gencar-gencarnya itu terlalu menyudutkan ibu-ibu yang tidak bisa memberi ASI ataupun ibu-ibu yang tidak mau memberi ASI by choice. Menurut dia, meskipun ada fakta bahwa ASI adalah yang terbaik,tetapi orang yang memilih selain ASI nggak boleh diintimidasi,namanya juga kebebasan menentukan pilihan.

"Jangan ekstrim dong,bilang kalo gak minum full ASI sampe 6 bulan entar anaknya pasti sering sakit-sakitan lah, kecerdasannya juga dibawah anak ASI lah..padahal kan masih banyak faktor lain yang nentuin."

"Kalopun gak jadi Sarjana ASIX, ntaran juga bisa lah jadi sarjana beneran..gak penting banget sih label-label begituan..bikin kecil hati ibu-ibu yang gak ngasih asi aja.."

 Mungkin gw emang enggak bisa mendalami 100% kegalauan hati temen-temen gue yang mendapat komentar seperti itu.Soalnya,meskipun pas-pasan,sampe hari ini,Alhamdulillah Rasya masih mimik ASI.
Tapiiii.. meskipun bercita-cita memberi Rasya ASI eksklusif sampe usianya minimal 6 bulan, gue nggak melihat bahwa pemberian sufor adalah dosa besar seorang ibu terhadap anaknya.Meskipun muna' banget kalo bilang gw gak bakal sedih kalo sampe ASI gw gak cukup dan Rasya harus mimik sufor.Kenapa sedih??
soalnya karena satu, gue percaya sesuatu yang alamiah tentunya lebih baik..dan dua, karena it feels amazing to be able feeding my own son with something that comes from my body.Rasanya luarbiasa banget,sesuatu yang datang dari tubuh gue bisa menghidupi seseorang. Jadi bukan karena gue parno kalo anak gue mimik sufor entar dia jadi anak yang 'prestasinya' di bawah anak ASI.
Gue sendiri cuma dapet ASI 3 bulan dari nyokap pas bayi dulu.Setelah beliau balik ke kantor,Asi-nya langsung seret,jadi eversince gue mimik sufor. Toh,gue tumbuh baik-baik saja.Alhamdulillah bisa digolongkan cerdas juga (hehehee..narsis berat).Lulus sarjana juga. Emang sih negatifnya gue agak sering sakit..tapi yaa gitu-gitu aja,penyakit ringan macem masuk angin or flu.Paling banter pernah kena campak dan cacar.Tapi hampir semua anak juga pernah kena,kan?baik yang mimik ASI maupun sufor.

Based on that experience,gue gak mau mikir ekstrim kalo anak gw gak dapet ASIX dia bakal kurang oke pertumbuhannya. Soalnya, hal-hal seperti daya tahan tubuh bisa diperkuat dengan asupan gizi yang cukup once Rasya udah maem solid food dan dengan pemberian vitamin,misalnya. Soal kecerdasan,selain faktor genetik,gue percaya bahwa pola didikan orangtua lebih banyak berperan. Kecerdasan itu bisa diasah, kok.

And for sepupu gue yang komplen soal kampanye organisasi ASI yang menurut dia terlalu memojokkan, menurut gue sih yaa namanya orang kampanye,pastilah selalu berkoar-koar bahwa merekalah yang terbaik dan akan berusaha membuat orang berpikir bahwa pilihan lain itu kurang baik (both sides sih, produsen sufor jg pasti kampanyein bhw susu mereka beti sama Asi,yah masing2 menyodorkan sederet bukti dan fakta lah,terserah mau percaya yang mana ). Kayak orang jualan aja, pasti pake strategi gimana biar dagangan laris manis.hehhehe.Jadi gak bisa lah disalahin jargon-jargonnya mereka
(meskipun jujurrr..gw agak keberatan dengan jargon yang berbunyi 'minum susu sapi..emangnya aku anak sapi?' itu..kesian kan anak-anak yang gak mimik asi..masak mereka disetarain sama anak sapi,hiks).
Yang gak adil menurut gue, adalah informasi yang kurang berimbang.
Makanya, buat calon ibu-ibu yang berencana mau kasih Asi eksklusif buat bayinya, lebih baik sedini mungkin deh cari-cari info tentang asi. Bisa baca-baca buku tentang menyusui yang banyak dijual di toko buku, atau kalo mau gratisan, browse aja di internet..banyak tuh situs-situs dan milis-milis yang pro-Asi. Tapi kalo bisa sih cari sumber yang terpercaya, yang bisa kasih informasi yang akurat dan seimbang. Juga yang gak saklek dengan satu pilihan aja dan mendiskreditkan pilihan yang lain.Buku-buku favorit  gw antara lain what to expect yang 1st year, Nanny 911 in baby care dan The Baby Whisperer by Tracy Hogg. Kenapa? soalnya info mereka lengkap dan cukup akurat (kroscek sana-sini) dan tidak judgemental, whether lo mau pilih Asi (bagus kalo mau pilih ini) atopun pilih sufor or even kombinasi. Setelah pembeberan fakta,semuanya dibalikin ke masing-masing ibu. Jadinya konsekuensinya udah bisa dimengerti dulu,baru ambil pilihan. Fair banget.

Terus buat orang-orang yang suka 'usil' sama ibu-ibu yang ngasi sufor buat anaknya itu, menurut gue orang-orang seperti itu masuk kategori annoying. Bisa jadi juga mereka itu 'besar kepala' karena merasa berhasil kasih asix, jadinya sombong dan menyerang orang-orang yang gak bisa atau gak mau. Karena mereka sukses, jadi gak bisa liat kenyataan bahwa gak semua orang seperti mereka. misalnya :

  1. Asix itu kan full of hardwork, dan gak semua orang mampu atau mau bersusah payah ribet mompa sela jam kantor ato bangun tengah malem n subuh buat mompa lagi (for working moms)
  2. Punya kondisi percaya diri kurang, jadinya mudah tergoda untuk ngasi sufor aja yang notabene terlihat lebih simple gak pake deg-degan,pasti cukup.
  3. Niatnya setengah-setengah, mau kasih asix tapi gak mau susah. Gampang tergoda jadinya
  4. Emang kagak mau kasih Asi karena alesan pribadi,semisal : kurang nyaman dengan proses breastfeeding itu sendiri (bkn karena sakit,tapi krn body image aja).
  5. Asi-nya gak nyukupin kebutuhan bayinya,sehingga mau gak mau mesti tambel sufor
  6. Sakit sehingga nggak boleh nyusuin sama dokter.
Jadi orang yang pro sih boleh-boleh dan sah-sah aja menurut gue.apalagi untuk kebaikan bayi. Tapi mbok ya jangan keblinger jadi fanatik cenderung agresif gitu. Masak ibu-ibu dengan alasan-alasan diatas (kecuali yg no.6 kali ye,alesan mereka emang paling gak bs didebat) mesti pake board di dadanya dan menjelaskan kenapa mereka gak mau breastfeed, saking seringnya diganggu oleh pertanyaan-pertanyaan itu??
Dan lagi..mereka gak harus jelasin juga kok, why should they? it's their own business..their own judgement and decision, napa juga harus susah-susah explain ke orang lain why this and why that..
*ngos ngos* kok jd gw yg napsu ya?hihiihihi
Gue pernah baca blog seorang mom yg gak bisa ngasi asi ke putrinya, dan dia ampe sedih banget karena di judge ama orang-orang.  Dengan setengah berteriak (di blog,bkn beneran) dia bilang ke orang-orang kalo dia cuma pengen yang terbaik buat bayinya, jd jangan di judge,please.
tuh, bete kan..
gw aja bete bacanya.
Belom lagi di forum-forum, banyak banget terjadi fanatisme berlebihan ini. (ada tuh di forum weddingku,sayang link-nya ilang,ntar deh gw cari lagi).

Ada apa ini? kenapa reaksi orang-orang jadi suka lebay menyangkut pemberian Asi vs sufor ini? apa karena ada seruan pemerintah?perasaan dari dulu kok pemerintah udah berseru..tapi kagak heboh-heboh amat tanggepannya dulu-dulu..apa karena sekarang artis-artis lagi rame-rame back to breastfeed,jadinya ini semacam tren yang tengah digilai? ato karena kesadaran orang-orang mengenai kesehatan aja yang semakin tinggi (ini patut disyukuri sih)?
again,
gue nggak against Asi ato sufor, gue cuma mau melihat sesuatu sesuai dengan proporsinya, gak berlebih-lebihan tapi tetep dong berusaha yang terbaik tanpa harus mengorbankan perasaan orang lain.
gitu aja.

cheers,
happy friday all!

0 comments:

my playlist!


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com